Kamis, 26 Januari 2012

Outline Bekantan



BEKANTAN
Klasifikasi
Kerajaan      : Animalia
Filum           : Chordata
Kelas           : Mammalia
Ordo           : Primata
Family         : Cercopithecidae
Genus          : Nasalis
Spesies       : Nasalis larvatus



Bekantan atau biasa disebut Monyet Belanda merupakan satwa endemik pulau Kalimantan (Indonesia, Brunai, dan Malaysia). Bekantan merupakan sejenis kera yang mempunyai ciri khas hidung yang panjang dan besar dengan rambut berwarna coklat kemerahan.
          Ciri-ciri bekantan yaitu hidung panjang dan besar pada bekantan (Nasalis larvatus) hanya dimiliki oleh spesies jantan. Fungsi dari hidung besar pada bekantan jantan masih tidak jelas, namun ini mungkin disebabkan oleh seleksi alam. Kera betina lebih memilih jantan dengan hidung besar sebagai pasangannya, karena hidungnya inilah, bekantan dikenal juga sebagai Monyet belanda.
Bekantan jantan berukuran lebih besar dari betina. Ukurannya dapat mencapai 75 cm dengan berat mencapai 24 kg. kera bekantan betina berukuran sekitar 60 cm dengan berat 12 kg. spesies ini juga memiliki perut yang besar (buncit). Perut buncit ini sebagai akibat dari kebiasaan mengkonsumsi makanannya yang selain mengonsumsi buah-buahan dan biji-bijian, mereka juga memakan dedaunan yang menghasilkan banyak gas pada waktu dicerna. Berikut gambar bekantan jantan dan betina.



Bekantan tersebar dan endemik di hutan bakau, rawa dan hutan pantai. Spesies ini menghabiskan sebagian waktunya di atas pohon dan hidup dalam kelompok-kelompok yang berjumlah antara 10 sampai 32 monyet. Sistem sosial  bekantan pada dasarnya adalah one male group, yaitu satu kelompok terdiri dari satu jantan dewasa, beberapa betina dewasa dan anak-anaknya. Selain itu juga terdapat kelompok all-male, yang terdiri dari beberapa bekantan jantan.

          Bekantan juga dapat berenang dengan baik, kadang-kadang terlihat berenang dari satu pulau ke pulau lain. Untuk menunjang kemampuan berenangnya, pada sela-sela jari kaki bekantan terdapat selaputnya. Selain mahir berenang, bekantan juga bisa menyelam dalam beberapa detik, sehingga pada hidunganya juga dilengkapi semacam katup.



Semoga Bermanfaat………

   Created  by. TETI SULBIYATI (58460028)
IPA Biologi A / VII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar